DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT
DEFINISI TEKNOLOGI
PENDIDIKAN MENURUT AECT (1963)
Audiovisual communications is
the branch of educational theory and practice concerned with the design and use of messages which
control the learning process.
Komunikasi audio-visual adalah
cabang dari teori dan praktek pendidikan yang terutama berkepentingan dengan
mendesain, dan menggunakan pesan guna mengendalikan proses belajar. Tujuan
praktisnya adalah pemanfaatan tiap metode dan medium komunikasi secara efektif
untuk membantu pengembangan potensi pembelajar secara maksimal.
DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (1972)
Educational tehcnology is a field involved in the facilitation of human
learning through the systematic identification, development, organization and
utilization of full range of learning resources and through the management of
these process.
Teknologi pendidikan adalah satu
bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi,
pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh
sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.
DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (1977)
Educational technology is a complex, integrated process involving people,
procedures, ideas, devices, and organization, for analyzing problems
and devising, implementing, evaluating, and managing solutions to those problems,
involved in all aspects of human learning
Teknologi Pendidikan adalah
proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan
organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan
mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (1994)
Instructional Technology is the theory and practice of
design,development, utilization, management and evaluation of processes and resources
for learning
Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan,pemanfaatan, pengelolaan, serta
penilaian proses dan sumber untuk belajar.(AECT, 1994)
DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (2004):
Educational technology is the study and ethical practice of
facilitating learning and improving performance by creating, using, and
managing appropriate technological processes and resources.
teknologi pendidikan adalah studi
dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan
kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses
dan sumber-sumber teknologi yang tepat.
Pada tahun 2008 AECT mengkaji kembali definisi teknologi
pendidikan, yang dikemukakan oleh
Januszewski,(Januszewski & Molenda, 2008). Kajian 2008, lebih spesifik menekankan pada studi & etika
praktek.
Comments
Post a Comment