DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT

 

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (1963)

Audiovisual   communications is the branch of educational theory and practice concerned   with the design and use of messages which control the learning process.

Komunikasi audio-visual adalah cabang dari teori dan praktek pendidikan yang terutama berkepentingan dengan mendesain, dan menggunakan pesan guna mengendalikan proses belajar. Tujuan praktisnya adalah pemanfaatan tiap metode dan medium komunikasi secara efektif untuk membantu pengembangan potensi pembelajar secara maksimal.

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (1972)

Educational tehcnology is a field involved in the facilitation of human learning through the systematic identification, development, organization and utilization of full range of learning resources and through the management of these process.

Teknologi pendidikan adalah satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (1977)

Educational technology is a complex, integrated process involving people, procedures, ideas, devices, and organization, for analyzing problems and devising, implementing, evaluating, and managing solutions to those problems, involved in all aspects of human learning

Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (1994)

Instructional Technology is the theory and practice of design,development, utilization, management and evaluation of processes and resources for learning

Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan,pemanfaatan, pengelolaan, serta penilaian proses dan sumber untuk belajar.(AECT, 1994)

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENURUT AECT (2004):

Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources.

teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.

Pada tahun 2008 AECT mengkaji kembali definisi teknologi pendidikan, yang dikemukakan oleh Januszewski,(Januszewski & Molenda, 2008). Kajian 2008, lebih spesifik menekankan pada studi & etika praktek.

Comments

Popular Posts