DESIGN GRAFIS
MEDIA GRAFIS
Desain grafis
merupakan suatu bentuk deni lukis terapan yang memberikan kebebasan kepada
perancang untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa di atas suatu
permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah
pesan.Muhammad Suyanto (dalam buku Pengantar Desain Grafis, 2017) mengatakan
bahwa desain grafis didefinisikan sebagai “aplikasi dari keterampilan seni dan
komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.
Sejalan dengan
Suyanto, dalam situs www.aiga.com, Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis
sebagai kombinasi kompleks antara kata, gambar, angka, grafik, foto serta
ilustrasi yang menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan,
subversive, atau sesuatu yang mudah diingat.
Jadi dapat
disimpulkan bahwa desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang
tercipta oleh kombinasi kompleks antara kata, gambar, angka, grafik, foto serta
ilustrasi dengan tujuan sebagai penyampai suatu pesan.
Contoh Media Grafis:
5 Alasan Memilih
Jurusan Teknologi Pendidikan
1. Cocok untuk yang mempunyai hobi di
bidang teknologi
Teknologi dan pendidikan adalah dua hal
yang jika digabungkan bisa menciptakan suatu solusi untuk berbagai
masalah. Untuk yang punya ketertarikan dalam bidang pendidikan dan
teknologi praktis, jurusan ini harus menjadi prioritas utama. Kesukaanmu pada
teknologi tidak akan terbuang sia-sia apabila kamu bisa memanfaatkannya untuk
kelancaran proses belajar mengajar dan pengembangan kurikulum yang tepat guna.
2. Belajar penggunaan teknologi untuk
Pendidikan
Sesuai dengan namanya, teknologi pendidikan
belajar penggunaan teknologi untuk tujuan pendidikan. Hampir 20% mata kuliah
yang disampaikan merupakan mata kuliah TIK. Kita akan belajar mata kuliah yang
berhubungan dengan teknologi untuk pendidikan, mahasiswa teknologi pendidikan
akan mendapatkan mata kuliah seperti fotografi, videografi, belajar animasi,
desain grafis hingga editing foto dan video.
3. Prospek kerja yang luas
Tidak hanya di bidang pendidikan,tetapi juga
bisa memilih berkarir di bidang yang lain. Terutama bidang yang berhubungan
dengan teknologi dan komunikasi.
4. Mengembangkan kurikulum dan media
Mahasiswa jurusan teknologi pendidikan
dipersiapkan untuk bisa mengembangkan kurikulum pendidikan sehingga diharapkan
bisa mencari solusi atas kekurangan kurikulum dan media pembelajaran yang
diterapkan saat ini.
5. Berperan dalam Pendidikan Indonesia
Menjadi lulusan sarjana teknologi
pendidikan yang berperan dalam pembuatan kurikulum berarti Kamu ikut berperan
dalam pendidikan di Indonesia secara langsung. (K5)
Karakter yang dibutuhkan oleh mahasiswa tekpend adalah
sebagai berikut
1.
Senang menganalisis
Pada
Prodi teknologi pendidikan sering ditemukan mata kuliah yang membutuhkan
analisis secara mendalam pada suatu itu topik. Oleh karena itu, diperlukan
karakter yang senang dalam menganalisis suatu kasus.
2.
Keterampilan interpersonal
Pada
program studi teknologi pendidikan dibutuhkan karakter yang memiliki
keterampilan yang multitalenta karena pada dasarnya teknologi pendidikan
merupakan program studi yang dapat masuk ke segala bidang seperti desain,
mengajar, komunikasi, dan it.
3.
Rasional
Maksud
dari kata rasional adalah dapat berpikir dengan jernih dan logis sesuai dengan
fakta yang ada di lapangan.
4.
Tekun
Tekun
atau giat merupakan karakteristik yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa
karena jika tidak tekun maka mahasiswa akan Tertinggal.
5.
Detail
Mahasiswa
teknologi pendidikan harus detail dalam menganalisis sebuah kasus. Jika tidak
mendetail akan menimbulkan keragu-raguan karena Prodi teknologi pendidikan
selalu mengambil materi berdasarkan fakta di lapangan.
6.
Cermat
Mahasiswa
teknologi pendidikan Harus cermat dalam melakukan studi kasus terutama dalam
menganalisis. Kecermatan diperlukan sebagai kompetensi yang diperlukan dalam
menganalisis sebuah kasus.
7.
Berpikir kritis
Perlu
diketahui berpikir kritis merupakan kompetensi inti yang perlu dimiliki oleh
setiap mahasiswa di Indonesia. Mahasiswa Harus berpikir kritis agar bisa
membimbing masyarakat dalam hal mengatasi permasalahan yang ada.
8.
Senang meriset
Mahasiswa
teknologi pendidikan Harus Memiliki kemampuan untuk mereset data atau mencari
atau mencoba-coba sesuatu untuk inovasi teknologi kedepannya. (K5)
Prospek Kerja Teknologi Pendidikan
1. Spesialis
Teknologi Pendidikan
2. Koordinator
Instruksional
3. Pelatih
Perusahaan
4. Konsultan
Pendidikan
5. Spesialis
Pendidikan Jarak Jauh
6. Konsultan
Teknologi Akademik
7. Software
Developer
8. Perancang
Materi Pelatihan
9. Perancang
Kursus
10. Spesialis
Media
11. Bekerja
di Stasiun Pertelevisian
12. Tenaga
Pengajar Guru atau Dosen (K5)
a. Kawasan Desain
Desain adalah proses untuk menentukan
kondisi belajar, tujuan desain ialah untuk menciptakan strategi dan produk pada
tingkatt makro, seperti program dan kurikulum, dan pada tingkat makro, seperti
pelajaran dan modul.
b. Kawasan Pengembangan
Kawasan pengembangan berakar pada produksi
media pengmbangan adalah proses penerjemahan spesifikasi desain kedalam
bentuk fisik, kawasan pengembangan mencakup banyak variasi teknologi yang
digunakan dalam pembelajaran.
c. Kawasan Pemanfaatan
Pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan
proses dan sumber belajar, dengan demikian pemanfaatan menurut adanya
penggnaan, disiminasi, difusi, implemantasi, dan pelembagaan yang sistematis.
d. Kawasan Pengelolaan
Ada empat kategori dalam kawasan
pengelolaan, yaitu pengelolaan proyek, pengelolaan sumber, pengelolaan sistem
penyampaian, dan pengelolaan informasi.
e. Kawasan Evaluasi
Evaluasi adalah proses penentuan memadai
tidaknya pembelajaran dan belajar. Dalam kawasan evaluasi terdapat empat
kategori, yakni analisis masalah, penelitian acuan-patokan, evaluasi formatif,
dan evaluasi sumatif. (K5)
KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
Multimedia
merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan
belajar yang membentuk suatu unit atau paket, salah satunya contohnya yakni
model belajar yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio, dan bahan audio
visual. Multimedia memliki lebih dari satu media konvergen, bersifat interaktif,
dan mandiri (mudah & memiliki kelengkapan isi).
Dalam Pemanfaatan
di proses pembelajaran, multimedia dapat menghilan gkan kebosanan siswa karena
dapat memililiki pengalaman beragam dari segala media, sehingga sangat baik
digunakan untuk kegiatan belajar mandiri. (K4)
Media audio adalah
alat media yang isinya mengandung pesan secara auditif, sehingga hanya dapat
diterima melalui indera pendengaran saja. Pemanfaatan media audio dalam
pembelajaran dapat sangat membantu kegiatan belajar pada siswa yang memiliki
gaya belajar auditif. (K4)
Sifat khusus yang
dimiliki audio yakni:
1) Mengenalkan
suara
2) Personal
3) Satu
arah
4) Mampu
mengubah daya imajinasi
Media Video adalah
media yang berisi gambar bergerak atau gambar hidup yang disertai dengan suara.
Media Video dapat menjadi media alternatif yang dapat digunakan dalam proses
pembelajaran karena dapat menampilkan hal yang terbatas oleh jarak dan waktu.
Dalam penggunaannya
pada proses belajar mengajar media video cenderung diartikan sebagai alat-alat
grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun
kembali informasi visual atau verbal. Media video dapat melatih siswa untuk
dapat mengembangkan daya imajinasinya dan merangsang partisipasi aktif dalam
proses pembelajaran. (K4)
Media grafis
merupakan salah satu media visual yang membutuhkan keterampilan khusus dalam
pembuatannya, baik dari segi warna, gambar, dan simbol untuk memperjelas pesan
yang akan disajikan. Media grafis seringkali menjadi media alternatif yang
digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat menampilkan hal yang terbatas
oleh jarak dan waktu serta dapat menarik perhatian peserta didik untuk lebih
fokus pada proses pembelajaran. (K4)
Media sederhana
merupakan suatu alat bantu penyaluran pesan yang tidak berbasis teknologi.
Walaupun tidak berbasis teknologi dan proses pembuatanya yang lama, media ini
menjadi media yang seringkali digunakan karena bahan yang digunakan mudah di
dapat dan harganya terjangkau. Media sederhana ini dapat berupa gambar, grafik,
bagan, realia, poster, dan sebagainya. (K4)
Comments
Post a Comment